17 August 2008

JALAN-JALAN KE KOTA MEDAN(2)

Medan bukanlah kota yang sangat besar, kalo kita naek kereta, yah di sini yang dimaksud dengan kereta adalah sepeda motor, cukup menghabiskan waktu 1 jam untuk putar-putar dan bensin sekitar 1.3 liter atau 10ribu rupiah.

Kalo ingin merasakan transportasi umum khas Medan, coba becak. Di Medan, becak ada 2 golongan yaitu:

1. BPB : Becak Pengangkut Barang, yaitu becak yang digunakan untuk mengangkut barang, dengan dua jenis penarik yaitu, dijalankan dengan motor (biasanya sepeda motor yang ditunggangi pengemudinya). Yang satu lagi dijalankan dengan dikayuh oleh pengemudinya (sepeda biasanya).

2. BPO : Becak Pengangkut Orang, yaitu becak yang digunakan untuk mengangkut penumpang/orang. Jenis becak ini ada 2 yaitu Becak Dayung adalah becak yang dikayuh dengan kaki pengemudinya, dan Becak Mesin atau becak motor, yaitu becak yang dijalankan dengan sepeda motor.

Memang segala jenis becak punya beberapa area/jalan terlarang untuk dilalui, biasanya di jalan protokol. Misalnya di daerah:

1. Sebagian jalan Suprapto, mulai dari simpang jalan Multatuli hingga jalan Sudirman.

2. Sepanjang jalan Sudirman (di sini terdapat rumah Gubernur, Wisma Sudirman).

3. Sebagian jalan Diponegoro, mulai dari simpang jalan Juanda hingga bundaran Polonia.

Melakukan jalan-jalan di kota Medan, yang nyaman itu dengan taksi, lalu becak,

jalan kaki, naek mobil pribadi, ato naek kereta (di Medan sebutan kereta ditujukan kepada sepeda motor). Kalo ingin naek angkot, yang tidak biasa naek angkot mending gak usah deh…. Karena biasanya tidak begitu nyaman. Sering ugal-ugalan supir angkot di sini.

Ada prinsip mengemudi di Medan “kalo gak tabrakan gak papa”. Prinsip yang sangat tidak mendidik. Tapi begitulah keadaannya, hampir seluruh pengemudi kendaraan, baik bermotor maupun tidak, saling mendahului bila memungkinkan, kalo gak tabrak-an, tancap gas, pijak rem sesuka hati, istilah orang MedanBelanggar”. Jadi harus kati-hati dan waspada di jalanan kota Medan.

Belum ada penyewaan motor/kereta di Medan, kalo kepengen menyewa mobil plus supirnya, bisa ke TRAC atau ADIRA rental, atau rental-rental pribadi yang biasa dijumpai di iklan Koran, atau hubungi saja saya (J).

No comments: