17 August 2008

Jalan Jalan ke Kota Medan

Kalau anda datang ke Medan dari airport POLONIA alias naik pesawat terbang, bila tidak ada yang menjemput maka pilihan angkutan umum yang pertama adalah taksi bandara yang ada tepat di depan pintu keluar kedatangan baik domestic maupun luar negeri. Biasanya bila pakai argo resmi, keliling kota Medan maksimum Rp.100.000 untuk perjalanan sekitar 1 jam, karena lebar radius kota Medan hanya sekitar 10 km. Kalao mau nyaman, sila kontak saya saja ya, dilayani dengan hati deh pokoknya :)

Kalo berniat untuk menginap di hotel, referensinya adalah :

1. Hotel Angkasa, bintang 5, terletak di jalan Sutomo, dari Polonia sekitar 30-45 menit perjalanan, (lama karena banyak melewati daerah pasar dan rawan macet apalagi di jam sibuk, tapi kalau di atas jam 7 malam hanya sekitar 20 menitan) dengan biaya taksi argo sekitar 25ribu sampai 50 ribu rupiah. Kalo naek becak (sebutan untuk kendaraan umum roda tiga dengan motor atau betor) tawar antara 15-20 ribu rupiah.

2. Hotel Tiara, bintang 4, letaknya di jalan Cut Mutia, dari Polonia sekitar 15 menit perjalanan, dengan taksi argo resmi biayanya sekitar 15-25ribu rupiah, naek becak 10 ribu saja, karena cukup dekat.

3. Hotel Polonia, bintang 3, di jalan Sudirman, dari polonia hanya 5 menit, pake taksi sekitar 15-20 ribu, bisa naik becak mesin, tapi sering diajak putar2 dulu karena lokasi hotel ini dikelilingi area bebas becak (L) jadi kalo malam agak sepi dan gelap.

4. Hotel-hotel melati sampai bintang 4 di daerah jl. SM raja (Garuda Plasa. Ibunda, Antares, Grand Antares, Dhaksina, Madani, dll), dari polonia 30 menit di jam kerja. Biaya taksi argo mulai 20-45ribu, naek becak mesin/bettor 15-30ribu.

5. Hotel MADANI, dari Polonia kurang lebih setengah jam perjalanan di siang hari, kalo malam 15 menit,ongkos taksi bandara sekitar 20-30 ribu, naek becak mesin sekitar 20 ribu. Letaknya di jalan SM Raja, tepat di seberang Mesjid Raya Al Maksum. Menurut saya, hotel baru ini punya lokasi yang sangat strategis. Tepat di seberang kiri, terdapat sebuah plasa, namanya Yuki Simpang Raya. Ada beberapa Fast Food tenant di situ, termasuk McD yang buka sampai jam 12 malam pada akhir Minggu, Warung Internet di basement gedung ini dengan tarif yang sangat murah. Tepat di seberang hotel ada Mesjid Raya, jadi kalo kedengeran adzan bisa langsung nyebrang deh, untuk shalat berjamaah. Nah kalo kamu mau ke Istana Maimoon, bisa dengan berjalan kaki sekitar 5 menit dari hotel.

6. Ada juga penginapan sekelas hostel, banyak terdapat di daerah jalan SM Raja. Biasanya berbentuk ruko dengan papan nama sederhana. Biaya mulai dari 50 ribu rupiah per malam.

7. Kalo mau nginap di rumah saya juga bisa, kontak saja ya...heheheh

1 comment:

Anonymous said...

artikel yang menarik. untuk tambahan wisata sumatera utara, kunjungi juga blog ku ya, tks

http://www.rahelsibayak.blogspot.com