07 August 2008

Harga TBS turun.....

Wah... lemarin kita masih dimanja dengan membaiknya harga TBS (tandan buah segar) kelapa sawit, yang mencapai angka rata-rata si atas Rp. 1.00/kg, tergantung dari wilayah. Namun Kompas memberitakan bahwa di awal minggu ini terjadi penurunan drastis. Angkanya mencapai Rp. 1-050/kg tbs. Disebutkan bahwa petani(rakyat) dibuat ciut hati karena penurunan ini. mana harga pupuk mencapai Rp. 10.000/kg dan langka lagi.
Penurunan harga disebabkan oleh para pengekspor CPO mengantisipasi adanya pengenaan pajak ekspor yang 20% dari pemerintah.
Bukan bersikap pesimis dengan timnya Pak SBY, namun, mengapa kebun rakyat yang cuma menyumbang 30% dari total produksi sawit ikut terimbas? bukankah mereka, para pekebun besar, apalagi yang milik pemerintah, sudah cukup "gendut" perutnya, karena kenaikan harga pasar dunia CPO beberapa waktu terakhir?

Ujung-ujungnya tetap saja pada praktik korupsi. Bila saja tiap perusahaan besar, termasuk PTPN berlaku jujur dan kompetitif, bisa jadi petani kecil yang cuma punya ladang 1/4 ha-50 ha, sama-sama ikutan "gendut" alias makmur..
Duh.. kasian...

No comments: