23 February 2008

Komputer Murah??? Apa Ada??

Ada, menurut saya. Di pasaran kita, coba lihat deh, para penjual komputer berlomba-lomba memurahkan dagangannya. Banyak pilihan paket yang membuat konsumen bebas memutuskan. Dibutuhkan kejelian dalam memutuskan pilihan, atau bahkan mungkin kecerdikan melihat pilihan.

Bagi orang awam, harga memiliki porsi yang sangat besar untuk menentukan pilihan. Bagi mereka yang mementingkan kualitas, harga bukan masalah, karena mereka lebih tahu apa yang mereka inginkan, bahkan lebih dari mengerti dari para penjual.

Menurut saya, harga komputer menjadi murah dikarenakan harga komponen komputer atau hardware memang sudah terjangkau. Karena setiap produsen hardware berlomba menjual produknya ke pasar. Sangat kompetitif persaingan. Harga komputer menjadi mahal adalah ketika pada komputer tersebut baik PC, Notebook, dan lainnya, dipasang software berlisensi yang berbayar. Bayangkan, untuk software seperti paket Windows XP/Vista plus Microsoft Office, dipatok mulai harga 2,5 juta rupiah per paket. Sedangkan untuk hardwarenya, hanya membutuhkan harga 1,5 sampai 3 juta rupiah (untuk paket hardware biasa, bukan untuk tingkat mahir). Baru harga software dasar satu komputer lebih mahal dari harga hardwarenya. Walah???

Memang ada software sejenis yang gratisan seperti paket Linux dan open office, software gratisan inilah yang dipaketkan pada komputer untuk memurahkan harga. Ada yang kurang setuju?

No comments: